HADITS SABAR BAG 2

وعن عائشة رضي الله عنها أنها سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الطاعون فأخبرها أنه كان عذابا يبعثه الله تعالى على من يشاء فجعله الله تعالى رحمة للمؤمنين فليس من عبد يقع في الطاعون فيمكث في بلده صابرا محتسبا يعلم أنه لا يصيبه إلا ما كتب الله له إلا كان له مثل أجر الشهيد رواه البخاري
Aisyah r.a. pernah bertanya kepada Rasulullah tentang Tha’un. Beliau menjawab bahwa Tha’un adalah siksa yang diturunkan Allah kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya. Juga sebagai rahmat bagi orang-orang yang beriman. Orang yang ditimpa Tha’un, lalu ia menetap di daerahnya dengan sabar dan ikhlas, dan ia menyadari bahwa tidak ada yang akan menimpanya, kecuali yang sudah ditentukan oleh Allah, maka orang itu akan mendapatkan pahala sebagaimana yang diterima oleh orang yang mati syahid. (Bukhari)

Pelajaran dari Hadits

  1. Ibnu ‘Allan berkata, “Jika yang diharapkan seorang mukmin adalah pahala yang dijanjikan Allah, maka ia akan menyadari bahwa musibah Tha’un adalah takdir dari Allah. Seandainya musibah Tha’un menimpanya, ia sabar menghadapinya. Apabila ia mati karena Tha’un yang menimpanya, ia mendapatkan pahala orang yang mati syahid.”
  2. Orang yang sabar menghadapi Tha’un atau penyakit lain yang sejenis dengan penyakit itu, akan selamat dari siksa kubur.
  3. Seseorang yang berada di daerah berjangkitnya Tha’un, hendaknya tidak pergi ke daerah lain, agar wabah tersebut tidak menular ke daerah lain.
  4. Pahala mati syahid tidak terbatas hanya untuk orang yang mati di medan perang. Pahala itu juga dapat diperoleh oleh orang yang mati karena menderita Tha’un, tenggelam, atau melahirkan.

 

10).

وعن أنس رضي الله عنه قال سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول إن الله عز وجل قال إذا ابتليت عبدي بحبيبتيه فصبر عوضته منهما الجنة يريد عينيه رواه البخاري

Anas r.a. berkata, “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Sesungguhnya, Allah ta’ala berfirman, “Apabila aku menguji salah seorang hamba-Ku dengan kebutaan pada kedua matanya kemudian ia sabar, maka Aku akan menggantikannya dengan surga.”’” (h.r. Bukhari) 

Pelajaran dari Hadits

  1. Nabi menyebutkan dua mata secara khusus karena mata adalah anggota tubuh yang paling disukai oleh manusia.
  2. Surga adalah pahala yang paling besar, karena nikmat penglihatan akan sirna dengan berakhirnya usia seseorang di dunia. Sedangkan nikmat surga adalah nikmat yang abadi, yang akan Allah swt. berikan kepada orang yang bersabar saat diuji dengan kebutaan.

 

11).

وعن عطاء بن أبي رباح قال قال لي ابن عباس رضي الله عنهما ألا أريك امرأة من أهل الجنة فقلت بلى قال هذه المرأة السوداء أتت النبي صلى الله عليه وسلم فقالت إني أصرع وإني أتكشف فادع الله تعالى لي قال إن شئت صبرت ولك الجنة وإن شئت دعوت الله تعالى أن يعافيك فقالت أصبر فقالت إني أتكشف فادع الله أن لا أتكشف فدعا لها متفق عليه

Atha’ bin Abu Rabah berkata bahwa Ibnu Abbas r.a. pernah berkata kepadanya, “Maukah kamu aku tunjukkan seorang wanita penduduk surga?”

“Tentu.”

“Wanita hitam ini pernah datang menemui Rasulullah dan berkata, ‘Ya Rasulullah, aku menderita penyakit ayan (epilepsi). Aku khawatir auratku terbuka saat aku tidak sadar. Karena itu, berdoalah kepada Allah untukku (agar penyakitku sembuh).’

Rasulullah menjawab, ‘Jika kamu mau, bersabarlah, dan kamu akan mendapatkan surga. Jika kamu mau, aku akan berdoa kepada Allah agar kamu disembuhkan.’

Wanita ini menjawab, ‘Aku akan bersabar. Namun, aku takut kalau auratku terbuka saat aku tidak sadar. Karena itu, berdoalah untukku agar aku tidak membuka auratku.’ Maka, Rasulullah pun berdoa untuknya.” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran dari Hadits

  1. Pahala sabar adalah surga.
  2. Penyembuh penyakit adalah doa yang disertai dengan obat yang diminum.
  3. Bagi orang yang mampu, melaksanakan kewajiban lebih utama daripada mengambil rukhshah.

 

12).

وعن أبي عبد الرحمن عبد الله بن مسعود رضي الله عنه قال كأني أنظر إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم يحكي نبيا من الأنبياء صلوات الله وسلامه عليهم ضربه قومه فأدموه وهو يمسح الدم عن وجهه يقول اللهم اغفر لقومي فإنهم لا يعلمون متفق عليه

Abu Abdurrahman, Abdullah bin Mas’ud r.a. berkata, “Rasulullah saw. pernah bercerita tentang seorang nabi yang dipukuli oleh kaumnya hingga berdarah. Ia mengusap darah di wajahnya seraya berkata, ‘Ya Allah, ampunilah kaumku karena mereka tidak mengerti.’” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran dari Hadits

  1. Hadits di atas menjadi bukti bahwa para nabi mengalami berbagai penderitaan saat menyampaikan dakwah, dan mereka bersabar menghadapi penderitaan itu.
  2. Salah satu sifat para nabi adalah menyikapi ketidakmengertian umatnya dengan pemberian maaf.
  3. Tidak sepatutnya kita memperlakukan orang yang tidak mengerti sebagaimana mereka memperlakukan kita.
  4. Nabi saw. pernah terluka pada Perang Uhud, namun beliau berdoa, “Ya Allah, ampunilah kaumku. Sesungguhnya, mereka adalah orang-orang yang tidak mengerti.” Sikap beliau ini patut kita contoh.

 

13).

وعن أبي سعيد وأبي هريرة رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال ما يصيب المسلم من نصب ولا وصب ولا هم ولا حزن ولا أذى ولا غم حتى الشوكة يشاكها إلا كفر الله بها من خطاياه متفق عليه و الوصب المرض

Abu Sa’id r.a. dan Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Segala sesuatu yang menimpa seorang muslim, baik berupa rasa letih, sakit, gelisah, sedih, gangguan, gundah-gulana, maupun duri yang mengenainya (adalah ujian baginya). Dengan ujian itu, Allah mengampuni dosa-dosanya.” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran dari Hadits

  1. Penyakit yang diderita seorang muslim dan penderitaan lain yang menimpa dirinya adalah sarana untuk membersihkan dirinya dari dosa.
  2. Orang yang celaka adalah orang yang diharamkan dari pahala kebaikan.

 

14).

وعن ابن مسعود رضي الله عنه قال دخلت على النبي صلى الله عليه وسلم وهو يوعك فقلت يا رسول الله إنك توعك وعكا شديدا قال أجل إني أوعك كما يوعك رجلان منكم قلت ذلك أن لك أجرين قال أجل ذلك كذلك ما من مسلم يصيبه أذى شوكة فما فوقها إلا كفر الله بها سيئاته وحطت عنه ذنوبه كما تحط الشجرة ورقها متفق عليه و الوعك مغث الحمى وقيل الحمى

Ibnu Mas’ud r.a. berkata, “Aku datang menemui Nabi saw. yang sedang demam hebat saat itu. Aku berkata, ‘Ya Rasulullah, engkau terkena demam hebat.’

Beliau menjawab, ‘Ya, demamku setara dengan demam dua orang.’

Aku bertanya, ‘Apakah karena engkau mendapatkan dua pahala?’

Beliau menjawab, ‘Benar, karena itu. Dan, tidaklah seorang muslim terkena hal yang menyakitkan—duri atau yang lain—kecuali Allah ampuni kesalahan-kesalahannya. Dosa-dosanya dihapus seperti pohon yang merontokkan daun-daunnya.’” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran dari Hadits

  1. Cobaan yang dihadapi dengan kesabaran akan mendatangkan pahala.
  2. Orang yang paling berat cobaannya adalah para nabi karena mereka dibekali kesabaran yang sempurna, dan menjadi teladan bagi umatnya.

 

15).

وعن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم من يرد الله به خيرا يصب منه رواه البخاري وضبطوا يصب بفتح الصاد وكسرها

Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Barangsiapa yang dikehendaki baik oleh Allah, niscaya Allah akan memberikan cobaan kepadanya.” (Bukhari)

Pelajaran Hadits

Setiap mukmin pasti akan mengalami ujian, baik berupa rasa kekurangan maupun penyakit. Namun, semua yang menimpanya adalah kebaikan, karena ujian itu menjadikannya semakin dekat dengan Allah dan menjadi penghapus dosa-dosanya.

 

16).

وعن أنس رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم لا يتمنين أحدكم الموت لضر أصابه فإن كان لا بد فاعلا فليقل اللهم أحيني ما كانت الحياة خيرا لي وتوفني إذا كانت الوفاة خيرا لي متفق عليه

Anas bin Malik r.a. berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Jangan sampai salah seorang di antara kalian mengharapkan kematian karena penderitaan yang menimpa kalian. Jika tidak ada cara lain, sebaiknya kalian mengucapkan, ‘Ya Allah, biarkanlah aku hidup jika kehidupan lebih baik bagiku, dan cabutlah nyawaku jika kematian lebih baik bagiku.’” (Muttafaq ‘alaih)

Pelajaran dari Hadits

  1. Setiap muslim diserukan untuk menyerahkan urusan hidup dan matinya, sepenuhnya kepada Allah SWT.
  2. Seorang muslim diperbolehkan mengharap kematian karena rindu bertemu Allah, ingin syahid di jalan-Nya, ingin dikubur di tempat suci, atau khawatir tidak bisa mempertahankan aqidahnya.

Subhan

Nama Saya Subhan. Saya asli dari Batang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *